Pengertian dan Manfaat Internet Marketing – Kemunculan internet tidak dipungkiri berakibat pada lahirnya kurun gres di dunia pemasaran (marketing) yang biasa disebut dengan kurun new wave marketing, dimana semakin banyak produk pesaing yang berkembang dan diharapkan penemuan untuk memenangkan persaingan dan mendapat daerah di hati konsumen. (Baca pula: pengertian dan sejarah singkat internet).
Dalam salah satu definisinya, internet merupakan suatu metode yang terkenal diseluruh dunia untuk saling tukar menukar gosip dan berkomunikasi melalui komputer yang saling terkoneksi. Sehingga dikala ini, siapa saja yang mempunyai komputer dan modem sanggup mengakses internet dan menjadi bab dari jaringan komunikasi dunia. Salah satu komponen internet yang paling terkenal yaitu World Wide Web atau www, yakni suatu halaman di internet yang sanggup menampilkan teks, suara, grafik, foto dan video yang menjadi instrumen komersial di internet. (Simak: Pengertian Website Menurut Para Ahli)
Pengertian Internet Marketing
Istilah Internet marketing (pemasaran internet) juga kerap dinamai dengan web marketing, online marketing, e-marketing atau e-commerce yang merupakan pemasaran dari produk atau jasa melalui internet (Hermawan, 2012). Internet marketing juga sanggup diartikan sebagai pemasaran yang memakai teknologi internet sebagai saluran penyampaian isi pesan kepada banyak orang secara bersamaan dan sekadab dalam suatu kurun waktu tertentu (Wikipedia, 2010).
Menurut pendapat Zaki dan Smitdev (2008), basis utama pemasar dalam internet marketing yaitu denganmenggunakan dan memanfaatkan Web, dengan tetap berorientasi pada prinsip pemasaran konvensional yang harus menerapkan 3 hal yakni tujuan pemasaran, pasar sasaran, dan produk atau jasa yang ditawarkan (Hermawan, 2012)
Manfaat Internet Marketing
Dalam acara internet marketing dilakukan oleh para pemasar, tentu terdapat manfaat yang diperoleh sehingga jumlah pengguna media internet untuk acara pemasaran terus meningkat pesat. Setidaknya, terdapat dua manfaat utama internet marketing, yakni:
a. Biayanya yang relatif murah
Dari aspek biaya, internet marketing relatif ludang keringh murah kalau dihitung menurut rasio biaya terhadap jangkuan target pemirsa. Perusahaan sanggup menjangkau khalayak yang luas kalau dibandingkan dengan sarana periklanan tradisional. Sifat medianya memungkinkan konsumen menyelidiki dan membandingkan produk dengan nyaman.
b. Muatan gosip yang besar
Manfaaat lain yang terkait dengan internet marketing yaitu tersedianya sejumlah besar informasi. Dibandingkan dengan media tradisional menyerupai cetak, radio dan TV, internet marketing hanya memakai biaya relatif rendah dibandingkan media lain. Perusahaan yang memakai internet marketing juga sanggup menyimpan data secara terpercaya dan menyimpan transaksi keuangannya. Secara keseluruhan, internet marketing membantu ekspansi bisnis dari pasar local menuju pasar internasional dengan ludang keringh cepat. Selain itu manfaat lainnya yaitu keterukuran, fleksibilitas, dan keterjangkauan (Hermawan, 2012).
Intenet marketing dalam penggunaannya sebagai media untuk membangun persepsi merek produk dan mendukung fungsi penjualan, mempunyai kemampuan sebagai jembatan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan dalam menggunakannya.
Penggunaan internet marketing sebagai media dalam komunikasi pemasaran sebuah perusahaan mempergampang pemahaman wacana tujuan dari internet marketing. Pemanfaatan internet marketing sebagai cara mempergampang dalam pemahaman wacana tujuan komunikasi mengenai internet marketing, Morissan (2010:324) membaginya menjadi :
a. Penyebaran Informasi
Salah satu tujuan utama keberadaan internet sebagai media marketing yaitu menyediakan gosip secara komplit dan mendalam mengenai produk suatu perusahaan. Perusahaan atau pemilik merk yang memanfaatkan internet marketing untuk menyediakan segala gosip mengenai produk yang dimilikinya, berpeluang ludang keringh besar untuk sanggup mendapat pembeli. Secara singkat penggunaan internet sebagai media marketing merupakan yang paling sempurna untuk memberikan gosip secara komplit kepada khalayak
b. Menciptakan Kesadaran
Bagi perusahaan yang masih mempunyai anggaran promosi terbatas, penggunaan internet dalam marketing memperlihatkan untuk membuat kesadaran yang ludang keringh akibattif dibandingkan dengan media tradisional lainnya. Sehingga penggunaan internet marketing terkadang ludang keringh mempunyai kegunaan dalam membuat kesadaran terhadap organisasi atau perusahaan, sekaligus membuat kesadaran bagi barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
c. Tujuan Riset
Sebuah perusahaan memakai media internet selain untuk menyebarkan dan mempertahankan relasi dengan pelanggan juga bertujuan untuk melaksanakan riset pasar dan mengumpulkan gosip dari perusahaan pesaing.
d. Membangun Persepsi
Banyak perusahaan dikala ini memakai internet sebagai media marketing dirancang dengan tujuan membangun persepsi mengenai image perusahaan yang bersangkutan terhadap khalayak.
e. Percobaan Produk
Perusahaan adakalanya memakai media internet dalam marketing untuk memperlihatkan elektronik kepada pengunjung dalam upaya untuk mendorong konsumen semoga bersedia mencoba produk yang ditawarkan.
f. Meningkatkan Distribusi
Internet marketing sebagai media yang mempunyai beberapa tools membuat sejumlah perusaahaan sanggup bekerja sama untuk saling menampilkan produk mereka masing-masing. Salah satu tools tersebut yaitu website dimana bentuk kerjasamanya disebut afiliasi yaitu relasi kerjasama di antara sejumlah situs atau website.
g. Meningkatkan Pelayanan
Banyak perusahaan yang mencicipi manfaat internet alasannya yaitu bisa memdiberikan gosip dan menjawaban pertanyaan dan keluhan pelanggan. Peran tersebut pada kesudahannya sanggup meningkatkan palayanan dan membangun relasi baik antara perusahaan dan konsumennya.
Demikian klarifikasi mengenai pengertian dan manfaat internet marketing. Singkatnya, internet telah membawa media ke khalayak global. Sifatnya yang interaktif serta tasumsi yang cepat yaitu kualitas dan keludang keringhan media internet. Pada gilirannya telah mempergampang setiap pihak atau perusahaan dalam acara pemasaran. Kegiatan pemasaran dengan sumbangan media internet inilah yang kemudian disederhanakan dengan istilan internet marketing.
Dalam salah satu definisinya, internet merupakan suatu metode yang terkenal diseluruh dunia untuk saling tukar menukar gosip dan berkomunikasi melalui komputer yang saling terkoneksi. Sehingga dikala ini, siapa saja yang mempunyai komputer dan modem sanggup mengakses internet dan menjadi bab dari jaringan komunikasi dunia. Salah satu komponen internet yang paling terkenal yaitu World Wide Web atau www, yakni suatu halaman di internet yang sanggup menampilkan teks, suara, grafik, foto dan video yang menjadi instrumen komersial di internet. (Simak: Pengertian Website Menurut Para Ahli)
Pengertian Internet Marketing
Istilah Internet marketing (pemasaran internet) juga kerap dinamai dengan web marketing, online marketing, e-marketing atau e-commerce yang merupakan pemasaran dari produk atau jasa melalui internet (Hermawan, 2012). Internet marketing juga sanggup diartikan sebagai pemasaran yang memakai teknologi internet sebagai saluran penyampaian isi pesan kepada banyak orang secara bersamaan dan sekadab dalam suatu kurun waktu tertentu (Wikipedia, 2010).
Menurut pendapat Zaki dan Smitdev (2008), basis utama pemasar dalam internet marketing yaitu denganmenggunakan dan memanfaatkan Web, dengan tetap berorientasi pada prinsip pemasaran konvensional yang harus menerapkan 3 hal yakni tujuan pemasaran, pasar sasaran, dan produk atau jasa yang ditawarkan (Hermawan, 2012)
Manfaat Internet Marketing
Dalam acara internet marketing dilakukan oleh para pemasar, tentu terdapat manfaat yang diperoleh sehingga jumlah pengguna media internet untuk acara pemasaran terus meningkat pesat. Setidaknya, terdapat dua manfaat utama internet marketing, yakni:
a. Biayanya yang relatif murah
Dari aspek biaya, internet marketing relatif ludang keringh murah kalau dihitung menurut rasio biaya terhadap jangkuan target pemirsa. Perusahaan sanggup menjangkau khalayak yang luas kalau dibandingkan dengan sarana periklanan tradisional. Sifat medianya memungkinkan konsumen menyelidiki dan membandingkan produk dengan nyaman.
b. Muatan gosip yang besar
Manfaaat lain yang terkait dengan internet marketing yaitu tersedianya sejumlah besar informasi. Dibandingkan dengan media tradisional menyerupai cetak, radio dan TV, internet marketing hanya memakai biaya relatif rendah dibandingkan media lain. Perusahaan yang memakai internet marketing juga sanggup menyimpan data secara terpercaya dan menyimpan transaksi keuangannya. Secara keseluruhan, internet marketing membantu ekspansi bisnis dari pasar local menuju pasar internasional dengan ludang keringh cepat. Selain itu manfaat lainnya yaitu keterukuran, fleksibilitas, dan keterjangkauan (Hermawan, 2012).
Intenet marketing dalam penggunaannya sebagai media untuk membangun persepsi merek produk dan mendukung fungsi penjualan, mempunyai kemampuan sebagai jembatan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan dalam menggunakannya.
Penggunaan internet marketing sebagai media dalam komunikasi pemasaran sebuah perusahaan mempergampang pemahaman wacana tujuan dari internet marketing. Pemanfaatan internet marketing sebagai cara mempergampang dalam pemahaman wacana tujuan komunikasi mengenai internet marketing, Morissan (2010:324) membaginya menjadi :
a. Penyebaran Informasi
Salah satu tujuan utama keberadaan internet sebagai media marketing yaitu menyediakan gosip secara komplit dan mendalam mengenai produk suatu perusahaan. Perusahaan atau pemilik merk yang memanfaatkan internet marketing untuk menyediakan segala gosip mengenai produk yang dimilikinya, berpeluang ludang keringh besar untuk sanggup mendapat pembeli. Secara singkat penggunaan internet sebagai media marketing merupakan yang paling sempurna untuk memberikan gosip secara komplit kepada khalayak
b. Menciptakan Kesadaran
Bagi perusahaan yang masih mempunyai anggaran promosi terbatas, penggunaan internet dalam marketing memperlihatkan untuk membuat kesadaran yang ludang keringh akibattif dibandingkan dengan media tradisional lainnya. Sehingga penggunaan internet marketing terkadang ludang keringh mempunyai kegunaan dalam membuat kesadaran terhadap organisasi atau perusahaan, sekaligus membuat kesadaran bagi barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
c. Tujuan Riset
Sebuah perusahaan memakai media internet selain untuk menyebarkan dan mempertahankan relasi dengan pelanggan juga bertujuan untuk melaksanakan riset pasar dan mengumpulkan gosip dari perusahaan pesaing.
d. Membangun Persepsi
Banyak perusahaan dikala ini memakai internet sebagai media marketing dirancang dengan tujuan membangun persepsi mengenai image perusahaan yang bersangkutan terhadap khalayak.
e. Percobaan Produk
Perusahaan adakalanya memakai media internet dalam marketing untuk memperlihatkan elektronik kepada pengunjung dalam upaya untuk mendorong konsumen semoga bersedia mencoba produk yang ditawarkan.
f. Meningkatkan Distribusi
Internet marketing sebagai media yang mempunyai beberapa tools membuat sejumlah perusaahaan sanggup bekerja sama untuk saling menampilkan produk mereka masing-masing. Salah satu tools tersebut yaitu website dimana bentuk kerjasamanya disebut afiliasi yaitu relasi kerjasama di antara sejumlah situs atau website.
g. Meningkatkan Pelayanan
Banyak perusahaan yang mencicipi manfaat internet alasannya yaitu bisa memdiberikan gosip dan menjawaban pertanyaan dan keluhan pelanggan. Peran tersebut pada kesudahannya sanggup meningkatkan palayanan dan membangun relasi baik antara perusahaan dan konsumennya.
Demikian klarifikasi mengenai pengertian dan manfaat internet marketing. Singkatnya, internet telah membawa media ke khalayak global. Sifatnya yang interaktif serta tasumsi yang cepat yaitu kualitas dan keludang keringhan media internet. Pada gilirannya telah mempergampang setiap pihak atau perusahaan dalam acara pemasaran. Kegiatan pemasaran dengan sumbangan media internet inilah yang kemudian disederhanakan dengan istilan internet marketing.
Advertisement